SITI UMI SALAMAH
P0500214008
TUGAS ANALISIS WACANA KRITIS
(Berdasarkan teori Foucault)
Wacana
yang akan dianalisis yaitu :
“Mahasiswa
UIN Malang Protes Dosen 'Killer' Sekali”
Kamis, 26 Pebruari
2015
TEMPO.CO, Malang - Mahasiswa Fakultas Humaniora
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang berunjuk rasa untuk
memprotes tindakan kasar dosen berinisial BY. Mahasiswa menuntut agar dosen itu
dibina atau sekalian dimutasi. "Banyak mahasiswa yang menjadi korban kekerasannya,"
kata koordinator aksi, M. Taufik, Rabu, 25 Februari 2015.
Unjuk rasa yang digelar di depan rektorat kampus itu berlangsung panas karena upaya mahasiswa masuk ke rektorat untuk menemui Rektor Mudjia Rahardja dihadang aparat keamanan. Sempat terjadi saling dorong antara mahasiswa dan petugas keamanan. Bahkan salah seorang mahasiswa terkena bogem mentah.
Mahasiswa yang tergabung dalam Solidaritas Mahasiswa Anti Kekerasan itu menyesalkan tabiat BY, yang tidak hanya kerap melakukan kekerasan fisik, tapi juga verbal. Bahkan sejumlah dosen juga menjadi korban kekerasan BY sehingga memilih mogok mengajar.
"Sebanyak 20 dosen mogok mengajar sejak tiga pekan lalu," ujar Taufik. Pengunjuk rasa mengedarkan petisi yang ditandatangani para mahasiswa dan dosen yang menjadi korban kekerasan sekaligus mendesak agar BY dimutasi.
Dekan Fakultas Humaniora UIN Malang Istiadah meminta para dosen kembali aktif mengajar. Menurut dia, pimpinan kampus tengah membahas tindak kekerasan yang dilakukan BY. Bila tudingan itu terbukti, BY akan dijatuhi sanksi. "Persoalan kekerasan segera diselesaikan," kata Istiadah.
Unjuk rasa yang digelar di depan rektorat kampus itu berlangsung panas karena upaya mahasiswa masuk ke rektorat untuk menemui Rektor Mudjia Rahardja dihadang aparat keamanan. Sempat terjadi saling dorong antara mahasiswa dan petugas keamanan. Bahkan salah seorang mahasiswa terkena bogem mentah.
Mahasiswa yang tergabung dalam Solidaritas Mahasiswa Anti Kekerasan itu menyesalkan tabiat BY, yang tidak hanya kerap melakukan kekerasan fisik, tapi juga verbal. Bahkan sejumlah dosen juga menjadi korban kekerasan BY sehingga memilih mogok mengajar.
"Sebanyak 20 dosen mogok mengajar sejak tiga pekan lalu," ujar Taufik. Pengunjuk rasa mengedarkan petisi yang ditandatangani para mahasiswa dan dosen yang menjadi korban kekerasan sekaligus mendesak agar BY dimutasi.
Dekan Fakultas Humaniora UIN Malang Istiadah meminta para dosen kembali aktif mengajar. Menurut dia, pimpinan kampus tengah membahas tindak kekerasan yang dilakukan BY. Bila tudingan itu terbukti, BY akan dijatuhi sanksi. "Persoalan kekerasan segera diselesaikan," kata Istiadah.
Klausa-klausa :
1.
Mahasiswa Fakultas Humaniora
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang berunjuk rasa
2.
untuk memprotes tindakan kasar dosen
berinisial BY
3.
Mahasiswa menuntut
4.
agar dosen itu dibina atau sekalian
dimutasi.
5.
Banyak mahasiswa yang menjadi korban
kekerasannya.
6.
Unjuk rasa yang digelar di depan
rektorat kampus itu berlangsung panas
7.
karena upaya mahasiswa masuk ke
rektorat untuk menemui Rektor Mudjia Rahardja dihadang aparat keamanan
8.
Sempat terjadi saling dorong antara
mahasiswa dan petugas keamanan.
9.
Bahkan salah seorang mahasiswa
terkena bogem mentah.
10.
Mahasiswa yang tergabung dalam
Solidaritas Mahasiswa Anti Kekerasan itu menyesalkan tabiat BY
11.
yang tidak hanya kerap melakukan
kekerasan fisik, tapi juga verbal.
12.
Bahkan sejumlah dosen juga menjadi
korban kekerasan BY
13.
sehingga memilih mogok mengajar
14.
"Sebanyak 20 dosen mogok
mengajar sejak tiga pekan lalu
15.
Pengunjuk rasa mengedarkan petisi
yang ditandatangani para mahasiswa dan dosen yang menjadi korban kekerasan
16.
sekaligus mendesak agar BY dimutasi
17.
Dekan Fakultas Humaniora UIN Malang
Istiadah meminta para dosen kembali aktif mengajar
18.
pimpinan kampus tengah membahas
tindak kekerasan yang dilakukan BY
19.
Bila tudingan itu terbukti
20.
BY akan dijatuhi sanksi
21.
Persoalan kekerasan segera
diselesaikan
3. Analisis Teks :
Klausa 1 : Mahasiswa Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri
Maulana Malik Ibrahim Malang berunjuk rasa
Clause 1:
Independent
clause
|
Mahasiswa Fakultas Humaniora Universitas Islam
Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
|
berunjuk rasa
|
|||
Experiential
|
Aktor
|
Process: material
|
|||
Interpersonal:
Mood
Imperatif
|
Subject
|
Finite
|
Predicator
|
||
Mood Block
|
|||||
Textual
|
Thema
|
Rheme
|
|||
Klausa
2 : untuk memprotes tindakan kasar dosen
berinisial BY
Clause 2:
dependent
clause
|
untuk
|
memprotes
|
tindakan kasar
|
Dosen berinisial BY
|
||
Experiential
|
|
Process: verbal
|
Sirkumstan : masalah
|
Aktor
|
||
Interpersonal:
Mood
Imperatif
|
|
Finite
|
Predicator
|
Complement
|
Adjunct
|
|
resi
|
Mood Block
|
- due
|
||||
Textual
|
Textual thema
|
Rheme
|
||||
Klausa
3 : Mahasiswa menuntut
Clause 1:
Independent
clause
|
Mahasiswa
|
menuntut
|
|||
Experiential
|
Aktor
|
Process: verbal
|
|||
Interpersonal:
Mood
Imperatif
|
Subject
|
Finite
|
Predicator
|
||
Mood Block
|
|||||
Textual
|
Thema
|
Rheme
|
|||
Klausa 4 : agar dosen itu dibina atau sekalian dimutasi.
Clause 4:
dependent
clause
|
Agar
|
dosen itu
|
dibina atau sekalian dimutasi
|
|
Experiential
|
|
Receiver
|
Process: Mental dan material
|
|
Interpersonal:
Mood Imperatif
|
|
Subjek
|
Predikator
|
|
|
|
Mood Block
|
||
Textual
|
Textual
thema
|
Thema
|
Rhema
|
|
Klausa 5 : Banyak mahasiswa yang menjadi korban kekerasannya
Clause 2:
independent
clause
|
Banyak Mahasiswa
|
yang menjadi
|
korban kekerasannya
|
|
Experiential
|
Pasien
|
Proses : mental
|
Sirkumstan : produk
|
|
Interpersonal:
Mood
Indikatif
|
Subject
|
Predikator
|
Complement
|
|
|
Mood Block
|
|||
Textual
|
Thema
|
Rheme
|
||
Klausa 6 : Unjuk rasa yang digelar di depan rektorat kampus itu
berlangsung panas
Clause 2:
independent
clause
|
Unjuk rasa yang digelar di depan rektorat kampus itu
|
berlangsung
|
panas
|
||
Experiential
|
Event
|
Process: material
|
Circumtance : kondisi
|
||
Interpersonal:
Mood
Indikatif
|
Subyek
|
Finite
|
Predicator
|
Complement
|
|
|
Mood Block
|
|
|||
Textual
|
Thema
|
Rheme
|
|||
Klausa 7 : karena upaya mahasiswa masuk ke rektorat untuk menemui
Rektor Mudjia Rahardja dihadang aparat keamanan
Clause 2:
independent
clause
|
karena
|
Upaya mahasiswa masuk ke Rektorat untuk menemui
rektor Mudjia Rahardja
|
dihadang
|
Aparat keamanan
|
||
Experiential
|
|
Circumtance : problem
solving
|
Process: material
|
aktor
|
||
Interpersonal:
Mood
Indikatif
|
|
Subject
|
Finite
|
Predicator
|
Complement
|
|
resi
|
Mood Block
|
- due
|
||||
Textual
|
Textual thema
|
Theme
|
Rheme
|
|||
Kalusa
8 : Sempat terjadi saling dorong antara
mahasiswa dan petugas keamanan.
Clause 2:
independent
clause
|
Sempat terjadi
|
saling dorong
|
antara
|
mahasiswa dan petugas keamanan
|
|
Experiential
|
Circumtance :
frequency
|
Proses : material
|
|
Aktor
|
|
Interpersonal:
Mood
Indikatif
|
Subject
|
Predikator
|
|
Complement
|
|
|
Mood Block
|
||||
Textual
|
Thema
|
Rheme
|
|||
Klausa
9 : Bahkan salah seorang mahasiswa
terkena bogem mentah
Clause 2:
independent
clause
|
Bahkan
|
Salah seorang mahasiswa
|
terkena
|
Bogem mentah
|
||
Experiential
|
|
penerima
|
Proses : material
|
Sirkumstan :
produk
|
||
Interpersonal:
Mood
Indikatif
|
|
Subject
|
Predikator
|
Complement
|
||
|
Mood Block
|
|||||
Textual
|
Textual Thema
|
Theme
|
Rheme
|
|||
Klausa
10 : Mahasiswa yang tergabung dalam
Solidaritas Mahasiswa Anti Kekerasan itu menyesalkan tabiat BY
Clause 2:
independent
clause
|
Mahasiswa yang tergabung dalam solidaritas mahasiswa
anti kekerasan itu
|
menyesalkan
|
tabiat BY
|
|
Experiential
|
aktor
|
Proses : mental
|
Sirkumstan :
sebab
|
|
Interpersonal:
Mood
Indikatif
|
Subject
|
Predikator
|
Complement
|
|
|
Mood Block
|
|||
Textual
|
Thema
|
Rheme
|
||
Klausa
11 : yang tidak hanya kerap melakukan
kekerasan fisik, tapi juga verbal
Clause 2:
dependent
clause
|
yang tidak hanya kerap
|
melakukan
|
Kekerasan fisik
|
tapi juga verbal
|
Experiential
|
|
Proses : material
|
Circumtance : manner
|
Circumtance : manner
|
Interpersonal:
Mood
Indikatif
|
|
Predikator
|
Complement
|
complement
|
|
Mood Block
|
|||
Textual
|
Thema
|
Rheme
|
Klausa
12 : Bahkan sejumlah dosen juga menjadi
korban kekerasan BY
Clause 2:
independent
clause
|
Bahkan
|
Sejumlah dosen
|
Juga menjadi korban kekerasan BY
|
Experiential
|
|
Pasien
|
Proses : material
|
Interpersonal:
Mood
Indikatif
|
|
Subject
|
Predikator
|
|
Mood Block
|
||
Textual
|
Textual Thema
|
Theme
|
Rheme
|
Klausa
13 : sehingga memilih mogok mengajar
Clause 2:
dependent
clause
|
sehingga
|
memilih mogok mengajar
|
|
Experiential
|
|
Proses : material
|
|
Interpersonal:
Mood
Indikatif
|
|
Predikator
|
|
|
Mood Block
|
||
Textual
|
Textual Thema
|
Rheme
|
|
Klausa
14 : Sebanyak 20 dosen mogok mengajar
sejak tiga pekan lalu
Clause 2:
independent
clause
|
Sebanyak 20 dosen
|
mogok mengajar
|
sejak tiga pekan lalu
|
|
Experiential
|
aktor
|
Proses : material
|
Circumtance :
waktu
|
|
Interpersonal:
Mood
Indikatif
|
Subject
|
Predikator
|
Adjunct
|
|
|
Mood Block
|
|||
Textual
|
Thema
|
Rheme
|
||
Klausa
15 : Pengunjuk rasa mengedarkan petisi
yang ditandatangani para mahasiswa dan dosen yang menjadi korban kekerasan
Clause 2:
independent
clause
|
Pangunjuk rasa
|
mengedarkan
|
Petisi yang ditandatangani para mahasiswa dan dosen
yang menjadi korban kekerasan
|
||
Experiential
|
aktor
|
Proses : material
|
Circumtance : alat
|
||
Interpersonal:
Mood
Indikatif
|
Subject
|
Predikator
|
Complement
|
||
|
Mood Block
|
||||
Textual
|
Thema
|
Rheme
|
|||
Klausa
16 : sekaligus mendesak agar BY dimutasi
Clause 2:
dependent clause
|
sekaligus
|
mendesak
|
agar BY dimutasi
|
||
Experiential
|
|
Proses : material
|
Verbiage
|
||
Interpersonal:
Mood
Imperatif
|
|
Predikator
|
Complement
|
||
|
Mood Block
|
||||
Textual
|
Textual Thema
|
Theme
|
Rheme
|
||
Klausa
17 : Dekan Fakultas Humaniora UIN Malang
Istiadah meminta para dosen kembali aktif mengajar
Clause 2:
dependent
clause
|
Dekan Fakultas Humaniora UIN malang Istiadah
|
meminta
|
para dosen
|
kembali aktif mengajar
|
|||
Experiential
|
Pembicara (tutor)
|
Proses : verbal
|
Receiver
|
Verbiage
|
|||
Interpersonal:
Mood
Imperatif
|
Subject
|
Predikator
|
Complement
|
Adjunct
|
|||
|
Mood Block
|
||||||
Textual
|
Theme
|
Rheme
|
|||||
Klausa
18 : pimpinan kampus tengah membahas
tindak kekerasan yang dilakukan BY
Clause 2:
dependent
clause
|
Pimpinan kampus
|
tengah membahas
|
tindak kekerasan yang dilakukan BY
|
|||
Experiential
|
Aktor
|
Proses : material
|
Sirkumstan : masalah
|
|||
Interpersonal:
Mood
Indikatif
|
Subject
|
Predikator
|
Complement
|
|||
|
Mood Block
|
|||||
Textual
|
Theme
|
Rheme
|
||||
Klausa
19 : Bila tudingan itu terbukti
Clause 2:
dependent
clause
|
Bila
|
tudingan itu
|
Terbukti
|
||||
Experiential
|
|
Gol
|
Proses : material
|
||||
Interpersonal:
Mood
Indikatif
|
|
Subject
|
Predikator
|
||||
|
Mood Block
|
||||||
Textual
|
Textual Theme
|
Theme
|
Rheme
|
||||
Klausa
20 : BY akan dijatuhi sanksi
Clause 2:
dependent
clause
|
BY
|
akan dijatuhi sanksi
|
|||
Experiential
|
pasien
|
Proses : material
|
|||
Interpersonal:
Mood
Indikatif
|
Subject
|
Predikator
|
|||
|
Mood Block
|
||||
Textual
|
Theme
|
Rheme
|
|||
Klausa
21 : Persoalan kekerasan segera
diselesaikan
Clause 2:
dependent
clause
|
Persoalan kekerasan
|
segera diselesaikan
|
|||
Experiential
|
Sirkumstan : masalah
|
Proses : material
|
|||
Interpersonal:
Mood
Indikatif
|
Subject
|
Predikator
|
|||
|
Mood Block
|
||||
Textual
|
Theme
|
Rheme
|
|||
4. Deskripsi
Kontekstual Teks
4.1. Field:Makna Pengalaman
4.1.1 Hal-hal yang terlibat dalam Teks
(Participants)
Hal-hal
yang terlibat dalam teks ini dapat dikelompkkan kedalam dua hal yakni: kelompok
manusia dan bukan manusia seperti yang diuraikan berikut.
- Manusia
Ø Mahasiswa
Ø Koordinator
aksi, M. Taufik
Ø Dosen
BY
Ø Dosen
–dosen korban BY
Ø Aparat
Keamanan
Ø Rektor
(pimpinan kampus)
Ø Dekan
Fakultas Humaniora UIN Malang, Istiadah
- Bukan Manusia
Ø
Protes
Ø
Tindakan kasar BY
Ø
Rektorat kampus
Ø
Fakultas Humaniora UIN Malang
Ø
petisi
Ø Persoalan
kekerasan
4.1.2 Proses (Process)
Stuktur
dalam sebuah klausa merealisasikan makna pengalaman yang di dalam dunia nyata
memiliki tiga konstituen yakni: partisipan, proses, dan sirkumstans
(keterangan). Proses merupakan inti dari suatu kejadian dalam suatu pengalaman
(yang terealisasi dalam klausa), baik itu fisik, mental, verbal, perilaku,
relasional, maupun eksistensial.
Di dalam tataran simbol
(kata-kata) proses direalisasikan dalam kelompok verba, partisipan dalam
kelompok nomina, dan sirkumstans diekspresikan dalam kelompok adverbia.
Dalam teks ini ada tiga proses
yang terlibat yakni: mental, verbal, dan material.
Proses mental:
Ø Menyesalkan
|
Proses verbal:
Ø
mendesak
Ø
meminta
Ø
menuntut
Ø
memprotes
|
Proses material:
Ø
Berunjuk rasa
Ø
berlangsung panas
Ø
dihadang
Ø
saling dorong
Ø
terkena
Ø
melakukan
Ø
memilih
Ø
mogok mengajar
Ø
mengedarkan
Ø
membahas
Ø
terbukti
Ø
dijatuhi sanksi
Ø
segera diselesaikan
|
4.1.3 Circumtances
(Sirkumtans)
Sirkumtans atau kata keterangan
adalah lingkungan fisik atau non fisik yang melingkupi proses. Sirkumtans
disimbolkan dengan frasa adverbia dalam klausa. Adapun sirkumtans dalam teks
surat ini adalah:
Circumtances of
manner:
Ø
Kekerasan fisik
Ø
Tindakan verbal
|
Circumtances of condition:
Ø panas
|
Circumtances of frequency:
Ø Sempat terjadi
|
Circumtances of
time:
Ø Sejak tiga pekan lalu
|
Circumtances of problem:
Ø Tindak
kekerasan yang dilakukan BY
Ø Tindakan kasar
|
Circumtances of tools:
Ø Petisi yang ditandatangani para mahasiswa dan
dosen yang menjadi korban kekerasan
|
Circumtances of product:
Ø Bogem mentah
Ø Korban kekerasannya
|
Melalui
penggunaan circumtances yang bervariasi, penulis wacana berita menggambarkan
kejadian dengan menggambarkan kondisi, waktu, cara, alat, hasil dan frekuensi
kejadian dalam wacana berita itu.
4.2 Tenor: Makna Interpersonal
Hubungan antara partisipan dalam wacana
berita dapat diketahui melalui struktur mood yang digunakan. Interaksi antar
partisipan dapat diklasifikasaikan menjadi tiga, yaitu yang menuntut
dan orang yang dituntut dan pihak
berwenang (institusi kampus). Dari interaksi ketiga partisipan ini kemudian
melahirkan hubungan interpersonal antara mereka dan peristiwa yang menyebabkan
kejadian “protes” ini yang merupakan akibat dari interaksi antara
partisipan-partisipan tersebut yang kemudian melibatkan aparat keamanan.
Hubungan interaksi diantara partisipan dalam hal ini ada yang terjadi secara langsung dan ada pula
yang terjadi secara tidak langsung.
4.2.1 Pemilihan Mood
Penulis wacana berita ini
mengeksploitasi penggunaan mood imperatif untuk menggambarkan peristiwa dalam
topik berita ini. Mood imperatif terealisasi dalam bentuk permintaan dengan
proses verbal “menuntut, meminta, memprotes dan mendesak” karena penulis ingin menggambarkan
bagaimana kejadian pada topik wacana berita ini. Penulis wacana juga
menggunakan mood indikatif untuk menggambarkan peristiwa-peristiwa yang
mendahului peristiwa protes ini. Mood indikatif terealisasi dalam bentuk
peristiwa dengan proses material “berlangsung”, “menemui”, “dihadang”, “saling
dorong”, “terkena”, “mogok mengajar”, “melakukan”, “mengedarkan”, “membahas”,
“terbukti”, “dijatuhi” dan “segera diselesikan”, karena penulis ingin
menggambarkan peristiwa yang telah, sedang dan akan terjadi pada wacana berita.
4.2.2
Pemilihan
Subjek
Subjek yang digunakan dalam
wacana berita ada beberapa pihak yaitu yang menuntut (mahasiswa), yang
dutuntut dan pihak berwenang (dekan)
serta peristiwa dalam topik. Subjek pada wacana berita ini dapat dirinci
sebagai berikut : Mahasiswa Fakultas Humaniora Universitas Negeri Maulana Malik
Ibrahim Malang, Unjuk rasa yang digelar di depan Rektorat kampus itu, Sejumlah
dosen, Pengunjuk rasa, Dekan fakultas Humaniora UIN Malang Istiadah, Pimpinan
kampus, Tudingan itu, BY, Persoalan kekerasan.
4.2.3
Pemilihan
waktu
Eksploitasi waktu yang digunakan
dalam wacana berita adalah waktu lampau, sekarang dan akan datang. Waktu lampau
untuk menggambarkan keadaan yang terjadi di waktu lampau sedang waktu sekarang
untuk memperlihatkan korelasi yang ditimbulkan sampai sekarang (waktu
terjadinya unjuk rasa). Waktu akan datang untuk memprediksikan
tindakan-tindakan yang mungkin akan dilakukan untuk menyelesaikan persoalan. Simbol
yang menyatakan waktu lampau yakni: “lalu”;
sedangkan simbol waktu sekarang adalah: “tengah”;
Waktu akan datang menggunakan simbol “akan”.
Simbol waktu lalu menggambarkan kejadian yang mendahului peristiwa dalam topik
wacana berita. Waktu sekarang menunjukkan peristiwa dalam topik, dan waktu akan
datang memprediksikan kemungkinan tindakan dalam penyelesaian persoalan di masa
yang akan datang.
4.2.4
Pemilihan
Mood adjunct (keterangan mood)
Tidak ada Mood adjunct yang
digunakan dalam wacana berita ini.
4.3
Mode:
Tekstual Meaning
Tema topikal pada wacana berita
ini didominasi oleh pihak penuntut (Mahasiswa), apa yang terjadi pada mereka, apa yang mereka alami dan apa
tuntutannya. Kemudian diikuti oleh pihak berwenang (institusi kampus) dalam hal
ini Dekan Fakultas Humaniora UIN Malang dan aparat keamanan.
Tema tekstual yang digunakan:
“karena”, “agar”, yang menunjukkan hubungan sebab akibat yang terjadi antara
partisipan dan adanya harapan akan ada hal-hal yang diharapkan dapat menjadi
kenyataan. Tema tekstual : “bahkan” yang menunjukkan bahwa suatu peristiwa
terjadi tidak sederhana, tetapi lebih rumit. Tema tekstual dan topikal yang
ditonjolkan adalah: “sekaligus”, sengaja ditempatkan di tegah klausa untuk
menonjolkan ‘maksud’ dari penuntut.
4.4.
Analisis Wacana Kritis berdasarkar Teori Foucault.
I.
Peristiwa
Peristiwa pertama
pada wacana yang sekaligus dijadikan
sebagai topik dari wacana ini adalah Mahasiswa
UIN Malang Protes Dosen 'Killer' Sekali. Peristiwa ini dapat digambarkan sebagai kondisi dimana mahasiswa berkumpul
untuk menyampaikan aspirasinya terhadap ulah salah satu dosen mereka kepada
orang yang memiliki kekuasaan di lingkungan kampus yaitu Rektor. Peristiwa
berikutnya yaitu suasana panas yang
meliputi peristiwa pertama yang disebabkan Mahasiswa dihadang oleh aparat saat
hendak masuk ke ruang rektorat guna menemui Rektor. Peristiwa kedua ini diikuti
peristiwa berikutnya yaitu dorong-mendorong serta pemukulan oleh aparat kepada
mahasiswa. Jika dikaitkan dengan formulasi pandangan Foucault tentang kegilaan,
kekuasaan dan pengetahuan maka dapat dikatakan bahwa :
· Yang memiliki unsur kegilaan adalah
dosen BY yang dianggap memiliki gangguan mental atau definisi yang lebih manusiawi
adalah orang-orang yang berprilaku berbeda dengan orang lain yang mengakibatkan
mereka dianggap sebagai individu-individu yang marginal (Ratna, 2011: 284). Hal
ini ditunjukkan oleh adanya pernyataan bahwa BY adalah ‘Dosen Killer sekali’, tidak hanya kerap melakukan kekerasan fisik, tapi juga
verbal. Bahkan sejumlah dosen juga menjadi korban kekerasan BY sehingga memilih
mogok mengajar. Meskipun BY berkuasa, tetapi dalam konteks wacana ini dia
adalah orang yang termarginalkan (dalam hal ini, dia adalah orang yang
bersalah).
· Kekuasaan
dalam hal ini merupakan kekuasaan dalam lingkup perguruan tinggi meliputi beberapa unsur yaitu : Dosen atas mahasiswa,
Dosen senior kepada dosen yunior, aparat keamanan atas mahasiswa yang melakukan
aksi protes, dan kekuasaan yang dimiliki oleh Pemegang jabatan dalam hal ini
Rektor dan Dekan. Dalam lingkup
perguruan tinggi, Dosen memiliki kekuasaan atas mahasiswa, baik dalam memberi
penilaian maupun memberi beban-beban tugas sesuai keinginan si Dosen. Biasanya
faktor senioritas antar Dosen juga dapat menunjukkan kekuasaan atas Dosen-dosen
lainnya yang lebih muda. Terlepas dari senioritas, pemegang jabatan berkuasa
atas semua yang ada di lingkup jabatannya. Hal inilah yang kemudian memicu
arogansi dosen BY ini.
· Hubungan
kekuasaan dan pengetahuan di sini dapat dilihat dari peran Dekan yang kemudian
mengeluarkan pernyataan yang ditulis dalam redaksi “Dekan Fakultas Humaniora UIN Malang Istiadah meminta para dosen kembali
aktif mengajar. Menurut dia, pimpinan kampus tengah membahas tindak kekerasan
yang dilakukan BY. Bila tudingan itu terbukti, BY akan dijatuhi sanksi.
"Persoalan kekerasan segera diselesaikan," kata Istiadah. Kita
semua mengetahui bahwa yang terlibat konflik adalah dosen BY dengan dosen lain
serta mahasiswa, Tetapai mengapa harus melibatkan Dekan? Ini karena episteme yang berlaku di zaman ini
adalah: orang yang dianggap paling mengetahui (yang menguasai pengetahuan)
bukanlah orang yang terlibat langsung dalam suatu kasus, melainkan orang yang
diakui secara struktur sosial sebagai pemegang pengetahuan tentang suatu kasus
itu.
Sehingga untuk memutuskan penyelesaian atas konflik ini adalah orang
yang berkompeten dalam hal ini adalah Rektor atau Dekan. Hal ini juga yang
menyebabkan kenapa mahasiswa tidak protes di depan rumah BY, tetapi di
rektorat.
II.
Rangkaian
Peristiwa sebagaimana yang dijelaskan
di atas, tidak terjadi begitu saja, akan tetapi ini merupakan rangkaian
peristiwa yang didahului oleh peristiwa lainnya. Rangkaian peristiwa ini dapat
diurutkan sebagai berikut :
ü Adanya tabiat BY, yang tidak hanya kerap melakukan kekerasan
fisik, tapi juga verbal.
ü Menyebabkan 20 Dosen memilih tidak
mengajar selama tiga pekan
ü Mahasiswa juga mendapat perlakuan
sama dari BY, dan mahasiswa dirugikan karena banyak dosen yang mogok mengajar.
ü Terjadi kerjasama antara Dosen dan
mahasiswa mengumpulkan tanda tangan menuntut BY dibina dan dimutasikan.
ü Terjadi aksi protes mahasiswa pada
tanggal 25 Pebruari 2015.
ü Dekan berupaya mencari solusi atas
peristiwa ini
III. Regularitas
Jika dilihat dari
rangkaian peristiwa-peristiwa di atas, tidak terjadi regularitas (keteraturan)
urutan peristiwa. Karena peristiwanya digambarkan saat ini-kembali ke peristiwa
lampau-kemudian kembali lagi ke peristiwa sekarang. Ini menunjukkan adanya
diskontinyuitas sebagaimana pandangan Foucault.
IV. Kondisi posibilitas
Kondisi signifikan yang mingkin
saja terjadi adalah efek terhadap peristiwa yang terjadi, misalnya bisa saja
mehasiswa yang terkena ‘bogem’ dari aparat mengalami luka parah dan harus
dilarikan ke rumah sakit, mungkin saja jika protes ini tidak segera ditanggapi
dapat memunculkan aksi protes lagi, atau mungkin saja BY tidak mengakui
perbuatannya dan tidak terbukti berbuat kekerasan yang mengakibatkan tidak ada
sangsi, sehingga dosen-dosen korban kekerasannya kemudian mengundurkan diri
atau mengusulkan pindah dan masih banyak lagi kemungkinan yang terjadi.
Kesimpulan : bahwa terjadinya dominasi kekuasaan di lingkungan kampus
apabila tidak dipergunakan secara positif akan
mengakibatkan kerugian bagi pemilik kekuasaan itu sendiri, dan apabila
kuasa dijadikan sebagai seuatu yang produktif dan positif akan membawa
keuntungan tersendiri bagi pemilik kekuasaan itu.
4.5. Sistematika
Wacana Berita
Bila dilihat susunan dan bentuk wacana berita ini, dapat dibuat
sistematika sebagai berikut :
I.
Judul wacana berita
II.
Lead Wacana
Berita
III.
Isi
wacana Berita
Judul wacana berita :
“Mahasiswa UIN Malang
Protes Dosen 'Killer' Sekali”
Kamis, 26
Pebruari 2015
Lead wacana berita :
TEMPO.CO, Malang - Mahasiswa Fakultas Humaniora Universitas Islam
Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang berunjuk rasa untuk memprotes tindakan
kasar dosen berinisial BY. Mahasiswa menuntut agar dosen itu dibina atau
sekalian dimutasi. "Banyak mahasiswa yang menjadi korban
kekerasannya," kata koordinator aksi, M. Taufik, Rabu, 25 Februari
2015.
Isi wacana berita : Unjuk rasa yang digelar di depan rektorat kampus itu berlangsung panas karena upaya mahasiswa masuk ke rektorat untuk menemui Rektor Mudjia Rahardja dihadang aparat keamanan. Sempat terjadi saling dorong antara mahasiswa dan petugas keamanan. Bahkan salah seorang mahasiswa terkena bogem mentah. Mahasiswa yang tergabung dalam Solidaritas Mahasiswa Anti Kekerasan itu menyesalkan tabiat BY, yang tidak hanya kerap melakukan kekerasan fisik, tapi juga verbal. Bahkan sejumlah dosen juga menjadi korban kekerasan BY sehingga memilih mogok mengajar. "Sebanyak 20 dosen mogok mengajar sejak tiga pekan lalu," ujar Taufik. Pengunjuk rasa mengedarkan petisi yang ditandatangani para mahasiswa dan dosen yang menjadi korban kekerasan sekaligus mendesak agar BY dimutasi. Dekan Fakultas Humaniora UIN Malang Istiadah meminta para dosen kembali aktif mengajar. Menurut dia, pimpinan kampus tengah membahas tindak kekerasan yang dilakukan BY. Bila tudingan itu terbukti, BY akan dijatuhi sanksi. "Persoalan kekerasan segera diselesaikan," kata Istiadah. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar